Selasa, 26 Maret 2013

Daun Cengkeh Langka di Imogiri.



Beberapa peracik Wedang Uwuh kesulitan mendapatkan daun cengkeh sebagai bahan baku, kalaupun ada harganya lebih mahal. Pedagang bahan Wedang Uwuh mengatakan bahwa suplai dari petani tidak ada, dikarenakan para petani sedang sibuk menggarap sawah atau tegalan, sehingga tidak sempat mengumpulkan daun cengkeh.
Bagi yang stocknya habis, harus mencari ke pasar Beringharjo, atau bahkan ada yang mencari sampai ke Samigaluh Kulon Progo. Keadaan ini sering terulang dengan adanya musim hujan. Harus jadi catatan bagi para peracik wedang uwuh, harus mempersiapkan stocknya bila musim hujan akan tiba.

Minggu, 03 Maret 2013

Anas Urbaningrum dan Anya Dwinov memasak Wedang Uwuh di program Dua Tamu Metro TV.



Anas dan Anya memulai acara dengan memasak Wedang Uwuh.(Sabtu 16 Februari 2013) Sambil menjelaskan bahan dan cara memasak juga menerangkan apa Wedang Uwuh, Anas ternyata pandai memasak juga. Terbukti hasil masakannya mereka nikmati sambil bincang-bincang.

Tapi ada keterangan Anas yang kurang pas mengenai WedangUwuh, katanya minuman para Raja, padahal Wedang Uwuh muncul baru sekitar tahun 2000an. Yang menjadi minuman para Raja adalah Bir Jawa atau Bir Plethok yaitu Sejenis Wedang Secang yang diberi jeruk nipis. Mungkin kemunculan Wedang Uwuh dari komplek Makam Raja Mataram, jadi di identikan dengan Kerajaan.

Acara Dua Tamu dilanjutkan dengan diselingi memasak masakan lain.